PERAN GURU DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING

Main Article Content

Bayu Seto Rindi Atmojo
Shanti Wardaningsih

Abstract

Perilaku bullying merupakan perilaku kekerasaan yang melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan dengan tujuan membuat orang lain merasa tidak dilakukan atas dasar perbedaan pada penampilan, budaya, agama dan lain-lain. Perilaku bullying yang terjadi mulai dari lingkungan pergaulan hingga di lingkungan sekolah sangat beragam dapat berupa verbal maupun fisik.Peran guru terhadap bullying pada siswa yaitu sebagai orang yang membimbing atau yang memberi nasehat dan mengarahkan serta membina siswa sehingga dapat mengatasi kasus atau masalah yang terjadi mengenai bullying dan agar dapat meminimalisir bullying yang terjadi disekolah, sehingga perilaku siswa bisa menjadi lebih baik.
Tujuan:Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mencegah perilaku bullying di sekolah. Desain:Literatur review Metode: penelesuran menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi, Studi ini diperoleh dan dicari secara elektronik dengan database yaitu google cendekia(2013-2017) dan sage journals (2013-2107). Strategi pencarian yang dilakukan dengan istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut: “Bullying”, “Prevention”, “Teacher”. Hasil analisis menunjukkan bahwa peran guru dalam sekolah sangat penting dalam menurunkan dan menekan perilaku bullying siswa. Pencegahan tersebut dilakukan dengan cara membentuk karakter siswa dan menjalin hubungan yang positif dengan siswa. Kesimpulan:Guru memiliki peran penting dalam menekan angka kejadian bullying siswa

Article Details

Section
Articles