STATUS TEMPAT TINGGAL DAN PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SEKS PRA NIKAH PADA REMAJA

Main Article Content

Adeyle Datna Karina
Masturoh Masturoh

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa, yang ditandai dengan perubahan fisik serta psikologis dan secara mental serta sosial relative belum matang. Remaja akan menghadapi tekanan emosi dan social yang kadang saling bertentangan. Masa remaja merupakan masa kritis, yang bisa saja akan menetukan kehidupan masa dewasa namun juga kualitas generasi berikutnya. Kasus mengenai perilaku seksual pada remaja dari waktu ke waktu semakin mengkhawatirkan karena perilaku seksual remaja sekarang ini sudah melebihi batas dan cukup mengkhawatirkan terutama pada masa remaja akhir, dan hubungan seksual pra nikah merupakan salah satu jenis perilaku berisiko yang dapat membahayakan kesehatan remaja.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status tempat tinggal dan Pendidikan kepala keluarga terhadap perilaku seks pra nikah.
Jenis penelitian menggunakan kuantitatif merupakan penelitian analitik dengan pendekatan potong lintang (cross sectional). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 3 Slawi dan SMK Kawit An Nur. Penelitian ini menggunakan Teknik random sampling pada siswa kelas XI dangan jumlah 54 siswa SMA N 3 Slawi dan 54 siswa SMK Kawit Annur. Uji statistic yang digunakan adalah uji regresi logistic.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara status tempat tinggal dan Pendidikan kepala keluarga terhadap perilaku seksual.
Penelitian selanjutnya akan lebih baik lagi jika menggunakan data kuantitatif dan kulaitatif sehingga hasil akan lebih akurat.

Article Details

Section
Articles