EFEK PERMAINAN “MY CONFIDENT BOOK” TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA

Main Article Content

Yessy Pramita Widodo
Meidiana Dwidiyanti
Elis Hartati

Abstract

Kepercayaan diri pada anak tunagrahita cenderung kurang baik dimana anak takut tampil didepan kelas sehingga model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode permainan My Confident Book. Tujuan penelitian menganalisis efek permainan My Confident Book terhadap kepercayaan diri anak tunagrahita di SLB Negeri Semarang.
Metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan quasi eksperimental dengan bentuk Pretest-posttest with kontrol group design. Sampel yang digunakan anak SLB kelas 4,5,dan 6 yang mengalami tunagrahita ringan 30 baik pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Intervensi My Confident Book dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan dengan waktu pelaksanaan 1 jam, dimana kelompok intervensi dibagi menjadi 2 kelompok, diakhir pertemuan dilakukan evaluasi proses untuk mengukur sejauh mana kemampuan anak tunagrahita dalam melakukan permainan. Instrument penilaian menggunakan observasi Lauster dan dianalisa menggunakan Wilcoxon Signed Rank dan Mann-Whitney U.
Hasil penelitian dari 30 anak tunagrahita kelompok intervensi sebelum diberikan permainan menunjukkan 16 anak mengalami tidak percaya diri dengan rata-rata 2.13, sedangkan pada kelompok kontrol menunjukkan 18 anak mengalami tidak percaya diri dengan rata-rata 1.73. Setelah diberikan permainan pada kelompok intervensi menunjukkan 14 anak mengalami percaya diri dengan rata rata 3.20 sedangkan pada kelompok kontrol menunjukkan 17 anak mengalami tidak percaya diri dengan rata-rata 1.70. Terjadi peningkatan rata-rata kepercayaan diri anak tunagrahita sebelum dan sesudah diberikan permainan dengan rata-rata 2.13 sebelum dilakukan intervensi dan 3.20 setelah diberikan intervensi pada kelompok intervensi. Kesimpulan adanya pengaruh pemberian permainan My Confident Book terhadap kepercayaan diri anak tunagrahita dan adanya perbedaan yang signifikan p-value 0.00 < (α=0.05). Bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian tentang efikasi diri dengan menggunakan media pembelajaran My Confident Book.

Article Details

Section
Articles