HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PRODI D3 KEPERAWATAN

Main Article Content

Tinah Purwaningsih
Novi Panca Wardani
Umi Salamah

Abstract

Perilaku merokok terbesar dimulai pada masa remaja dan menjadi perokok tetap meningkat dalam beberapa tahun. Salah satu kandungan dalam rokok adalah nikotin, berpengaruh pada otak diantaranya menyebabkan ketergantungan dan toksisitas pada fungsi kognitif yang dapat mempengaruhi penurunan fungsi kognitif akan berdampak pada proses pembelajaran dan perolehan hasil akhir atau prestasi akademik. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan perilaku merokok dengan prestasi akademik mahasiswa keperawatan Prodi D 3 Keperawatan Tegal Poltekes Kemenkes Semarang. Desain penelitian adalah deskriptif korelatif dengan cross sectional, populasi yaitu seluruh mahasiswa keperawatan yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel penelitian 42 responden diperoleh teknik proporsional sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket perilaku merokok dan lembar observasi merupakan hasil belajar siswa. Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square dengan nilai p 0,00. Dimana nilai p <0,05. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan antara perilaku merokok dengan prestasi akademik mahasiswa keperawatan Prodi D3 Keperawatan Tegal Poltekkes Kemenkes Semarang, hal ini disebabkan responden yang merokok hanya 26 responden dari total responden 42 responden. Prodi D 3 Keperawatan Tegal Poltekes Kemenkes Semarang.  Sebagai lembaga pendidikan tentunya harus membekali siswanya dengan pengetahuan tentang rokok. Saran bagi para pendidik agar lebih mengawasi dan mencegah mahasiswa keperawatan yang berperilaku merokok dan selalu membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang merokok.

Article Details

Section
Articles