HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU BULLYING VERBAL PADA ANAK DI SD PANGGUNG 4 KOTA TEGAL

Main Article Content

Yessy Pramita Widodo
Anisa Oktiawati
Dhani Indah Puspita Sari

Abstract

Bullying verbal merupakan perilaku negatif yang mengakibatkan seseorang dalam keadaan tidak nyaman yang biasanya terjadi secara berulang – ulang. Angka kejadian bullying verbal disekolah sekitar 47%,   salah satu faktor yang mempengaruhi tingkah laku anak terhadap perilaku bullying verbal adalah bergaul dengan teman – teman sebayanya yang menyimpang sehingga mendapat pengakuan dari kelompok.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor teman sebaya dengan perilaku bullying verbal pada anak di SDN Panggung 4 Kota Tegal. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah 77 responden. Hasil analisis menggunakan uji Spearman Rank di dapatkan p Value 0,002 < 0,05 dengan korelasi kuat (0,674)  arah korelasi positif, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan  teman sebaya dengan perilaku bullying verbal pada anak. Anak disarankan untuk saling peduli dengan sesama teman dengan cara tidak menyakiti atau mengejek teman yang lain dan menjauhi bentuk bullying verbal.

Article Details

Section
Articles