HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK MAHASISWA

Main Article Content

Faisal uddin

Abstract

Salah satu permasalahan yang banyak ditemukan dalam dunia pendidikan saat ini adalah perilaku menyontek, dimana salah satu penyebab yang mendorong mahasiswa untuk melakukan perilaku menyontek adalah dikarenakan ketidakyakinan akan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas maupun ujian secara baik. Penilaian individu terhadap kemampuan atau kompetensinya dalam melakukan tugas dan mencapai tujuan tersebut disebut dengan istilah self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara self efficacy dengan perilaku menyontek pada mahasiswa tingkat I D3 keperawatan di Stikes Stikes Bhamada Slawi. Sampel dari penelitian ini seluruh mahasiswa tingkat I D3 Keperawatan Stikes Bhakti Mandala Husada Slawi. Pengumpulan data menggunakan alat ukur skala self efficacy dari Bandura, sedangkan alat ukur perilaku menyontek disusun berdasarkan teori Cizek.Adapun analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan pengujian rank spearman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan sebesar -0,647. Hal ini berarti semakin tinggi self efficacy mahasiswa maka akan semakin rendah perilaku menyonteknya. Diharapkan bagi institusi khususnya program Studi D3 Keperawatan dapat lebih memberikan kesadaran akan pentingnya keyakinan diri dalam menghadapi berbagai tugas dan ujian, dan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dengan memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku menyontek.

Article Details

Section
Articles